Sunday, March 16, 2014

Pengertian Dan Dasar JavaScript

Pengertian dasar Javascript Apakah kalian tahu apa itu Javascript? Pada artikel kali ini, saya akan memberikan penjelasan secara singkat tentang Javascript yang penting bagi para webmaster dan tentunya penting juga untuk para blogger.
JavaScript yang pertama kali dikembangkan oleh Brendan Eich dari Netscape dibawah nama Mocha ini adalah salah satu bahasa skrip yang dapat bekerja atau berjalan disebagian besar browser atau alat penjelajah website seperti Google chrome, Opera, Mozilla firefox, dan tentunya browser yang terdapat pada sistem operasi windows itu sendiri yaitu Internet Explorer. 
JavaScript dapat digunakan dan dapat disisipkan didalam halaman website maupun blog dengan menggunakan perintah-perintah tertentu agar javascript berjalan dengan baik. Javascript memiliki ekstensi .js jika javascript tersebut diletakan pada hosting tertentu maupun dihosting sendiri sebagai file javascript, akan tetapi javascript dapat digunakan secara langsung tanpa memanggil .js asalkan javascript tersebut berada pada lokasi yang sama dengan tag penulisan seperti dibawah ini.
<script type="text/javascript">
           alert("Apa Kabar Dunia?");
</script>
Keterangan :
Apa Kabar Dunia? adalah pesan yang ditampilkan menggunakan JavaScript.

Penulisan tag javaScript diatas dapat digunakan pada bagian <head> dalam struktur HTML yang benar. Untuk melihat struktur HTML pada website yang benar, anda dapat membaca artikel tentang Mengenal Struktur HTML. Tetapi jika anda ingin menjalankan javaScript yang berekstensi .js, anda hanya perlu memanggil kode atau file javaScript tersebut dengan penulisan seperti ini.
<script type="text/javascript" src="lokasi_JavaScript.js">
</script>
Keterangan :
lokasi_JavaScript.js  adalah lokasi file Javascript yang anda panggil. File tersebut dapat di letakan pada layanan file hosting yang mendukung adanya pemanggilan javascript atau file tersebut dapat diupload pada file hosting itu sendiri (Tidak berlaku untuk Blogger).

JavaScript digunakan pada website atau blog tertentu yang fungsinya bermacam-macam sesuai perintah si pembuat website atau blog, contohnya membuat kategori artikel, menginput nama, dan lain sebagainya. Tanpa JavaScript, halaman website maupun blog (tujuan pembahasan blog ini) akan terasa hampa dan tidak menarik. JavaScript tidak hanya berguna untuk hal-hal seperti diatas saja, tetapi JavaScript dapat membantu memudahkan dalam proses pembuatan suatu halaman website maupun blog.

Pengertian Dan Dasar JavaScript Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Post a Comment