Sunday, March 16, 2014

Struktur Dasar HTML

struktur dasar html belajar html
Sebelumnya, saya telah menjelaskan apa itu HTML dan penjelasan singkat tentang HTML. Pada artikel ini, saya akan melanjutkan pembahasan tentang Struktur Dasar HTML.
Setiap halaman website atau blog, memiliki struktur dasar HTML yang benar. Tanpa ada penataan struktur dasar HTML ini, halaman website atau blog tidak akan berjalan dengan baik karena ini adalah salah satu proses untuk membuat suatu halaman website. 
Halaman HTML memiliki urutan seperti ini.
DOCTYPE > html > head > title > body
Diatas adalah struktur HTML standar yang harus digunakan dalam membuat suatu halaman website dengan benar. Masing-masing urutan diatas memiliki tag pembuka dan tag penutup (awal dan akhir). Lihat contoh Struktur dasar HTML dibawah ini.
<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
<title>Belajar Struktur HTML</title>
</head>
<body>
<p>Selamat Belajar Struktur Dasar HTML, Hello world!</p>
</body>
</html>
 Keterangan :

DOCTYPE

DOCTYPE adalah singkatan dari Document Type Declaration yang berfungsi sebagai pengenal agar browser dapat mengetahui bagaimana cara memperlakukan kode yang telah dituliskan. 

html

Tag html ini adalah pembuka atau awalan dari semua kode html yang anda tulis. Tanpa Tag html ini anda tidak dapat membuat suatu halaman website secara benar. awalan dari tag html yaitu <html> dan akhiran dari tag html yaitu </html>

head

Tag head adalah bagian kepala yang berada didalam tag html. Tag head ini berisi kode-kode JavaScript, CSS, dan kode lainnya. Kode yang terdapat pada tag head ini tidak akan tampil pada halaman website yang anda buat. Pembuka dari tag head yaitu <head> dan penutupnya adalah </head>

title

Tag title adalah tag yang berfungsi untuk memberikan judul pada halaman website yang telah dibuat. Biasanya hasil dari tag title ini tampil pada suatu browser yang anda gunakan. Dibawah ini adalah contoh dari hasil tag title yang berjudul Belajar Struktur HTML.

Tag Title pada html

tag title berawal <title> dan berakhiran </title>

body

Tag body adalah tag yang memuat isi konten halaman HTML yang anda buat seperti menu, tabel, gambar, paragraf dan lain-lain. tag body diawali dengan <body> dan diakhiri dengan </body>.

Pada dasarnya, Struktur dasar HTML ini adalah hal yang paling penting dalam membuat sebuah halaman website atau membuat template blog. 

Struktur Dasar HTML Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Post a Comment